Menko Puan Bangga Atlet Pencak Silat Borong Medali Emas

30 Agustus 2018  |  08:39 WIB

Jakarta (29/08) -- Tim Silat Indonesia yang bertanding di final cabang olahraga Pencak Silat Asian Games 2018 Rabu ini kembali menyumbangkan medali emas. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani secara langsung menyaksikan saat para pesilat Indonesia menunjukkan ketangguhannya.

Final yang digelar di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Rabu sore, juga dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan Menteri PAN dan RB Komjen Pol Syafruddin. Hadir juga Presiden Republik Indonesia ke 5, Megawati Soekarnoputri serta Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Prabowo Subianto.

Pada kesempatan tersebut, Menko Puan langsung didaulat untuk menyerahkan medali perunggu kepada pesilat Indonesia, Rusdana Amri yang bertanding di kelas 70-75 kg Putra sebelumnya. Menko Puan kemudian menyaksikan pertandingan selanjutnya antara pesilat Indonesia, Kamelia Pipiet melawan Nguyen Thi Cam Nhi dari Vietnam di kelas Putri 60-65 kg. Kemelia dalam kesempatan ini berhasil mengalahkan Nguyen Thi Cam Nhi dengan telak. Medali emas pun jatuh ke tangan Kamelia. Menko Puan dalam kesempatan ini juga didaulat untuk memberikan medali emas.

Pada pertandingan selanjutnya di kelas Putra 55-60 kg, pesilat Indonesia,Yudani Kusumah Hanifan juga berhasil mengalahkan Nguyen Thai Linh, pesilat asal Vietnam. Yang menarik, setelah Yudani Kusumah Hanifan dinyatakan menang. Yudani kemudian menyalami Presiden Joko Widodo dan Ketua IPSI Prabowo Subianto serta mengajaknya berpelukan bersama.

Sementara pada pertandingan Putri kelas 50-55, pesilat Indonesia Wewey Wita juga berhasil mengalahkan dengan telak pesilat Vietnam Tran Thi Them.