Sukses Menyelenggarakan Asian Games XVIII 2018, Indonesia Tatap Olimpiade 2032

03 September 2018  |  19:13 WIB
Menko PMK Puan Maharani saat konferensi pers pascapenyelenggaraan Asian Games XVIII 2018 di kantor Kemenko PMK Jakarta, Senin (3/9/2018) sore./Biro Hukum, Informasi dan Persidangan Kemenko PMK

JAKARTA  (03/09) – Indonesia telah sukses menjadi tuan rumah sekaligus berprestasi untuk Asian Games XVIII 2018. Kesuksesan ini sekaligus menjadi modal besar untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

Pemerintah sejak awal berkomitmen untuk sukses menjadi tuan rumah dan merebut prestasi dalam Asian Games XVIII 2018. Demikian dikatakan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani dalam konferensi pers pascapenyelenggaraan Asian Games XVIII 2018 di kantor Kemenko PMK Jakarta, Senin sore.

“Puji syukur ke hadirat Allah SWT, atas rahmat dan bimbingan-Nya, Indonesia telah sukses menyelenggarakan Asian Games 2018. Kita berhasil menjadi tuan rumah yang baik, penonton yang hebat dan peserta yang berprestasi,” ujarnya di hadapan awak media. Menurutnya, penyelenggaraan Asian Games ini akan menjadi catatan dalam tinta emas sejarah bangsa Indonesia.

Dijelaskannya, melalui gotong royong, bangsa Indonesia siap dan mampu menunjukan sukses penyelenggaraan, prestasi, dan menujukkan bangsa yang maju. “Momen persatuan, kesatuan dan bergotong royong inilah yang harus terus kita jaga, kita perkuat dan kita pertahankan untuk menatap dan maju menjadi sebuah bangsa yang hebat,” katanya. Sebagai bangsa yang berhasil melampaui terget perolehan medali, sebutnya, itu merupakan sebuah prestasi besar yang perlu ditingkatkan.

Dalam kesempatan itu pula Menko Puan yang sekaligus sebagai wakil ketua dewan pengarah panitia nasional Asian games 2018, menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh jajaran panitia nasional Inasgoc, KOI, KONI, PB Cabor, para atlet dan kontingen. Apresiasi disampaikan juga kepada media, pendukung, volunteer, dan semua pihak yang telah ikut mensukseskan penyelenggaraan Asian Games 2018. “Terima kasih kepada rakyat Indonesia yang telah bergotong royong mewujudkan Asian Games 2018 ini. Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, menjadi kebanggan bagi seluruh rakyat Indonesia,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Menko Puan mengajak semua pihak untuk mendukung terus prestasi olahraga indonesia di kancah Internasional. Apalagi setelah Asian Games 2018, Indonesia juga masih akan menyelenggarakan Asian Para Games 2018 pada bulan September. Terkait kesuksesan Indonesia menggelar Asian Games 2018, Menko Puan menegaskan menjadi modal yang sangat besar bagi Indonesia untuk mengajukan diri menjadi Tuan Rumah Olimpiade 2032. “Kita sebagai bangsa telah menunjukkan kepada dunia, bahwa Indonesia adalah bangsa yang bermartabat, maju dan berprestasi,” pungkasnya.

Hadir dalam Konferensi Pers, Chef de Missions Asian Games 2018 Komjen Pol. Syafruddin, Sesmenpora Gatot S. Dewabroto serta Wakil Ketua KONI Mayjen (Purn) Suwarno.