Menko PMK Bawakan Bendera Merah Putih dalam Pembukaan Asian Para Games 2018

07 Oktober 2018  |  11:31 WIB
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani memberi hormat setelah menyerahkan bendera Merah Putih ke pasukan pengibar bendera dalam pembukaan Asian Para Games 2018 di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (6/10)./Dok. Kemenko PMK

Bisnis.com, JAKARTA -- Asian Para Games (APG) 2018 resmi dibuka Presiden Joko Widodo di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (6/10/2018).

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani yang juga Ketua Dewan Pengarah APG 2018 didaulat membawa bendera Merah Putih untuk dikibarkan. 

Diiringi visualisasi video yang menjelaskan makna bendera Merah Putih, dia menarasikan bahwa warna merah melambangkan keberanian sedangkan warna putih melambangkan kesucian.

"Jadilah simbol persatuan, berikan warna pada dunia," tutur Puan.

Dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Minggu (7/10), narasi tersebut disesuaikan dengan tema besar APG 2018 yakni "We Are One". Tema tersebut menegaskan bahwa meski kita memiliki latar belakang suku, agama, bangsa, dan fisik yang berbeda tapi tetap satu. 

Ketua Indonesia Asian Para Games 2018 Organizing Committee (INAPGOC) Raja Sapta Oktohari menerangkan tema itu selaras dengan Bhineka Tunggal Ika dan terinspirasi dari semangat persatuan Pancasila.

APG 2018 digelar pada 6-13 Oktober 2018 dan diikuti sekitar 3.000 atlet serta 2.000 ofisial dari 43 negara. Secara keseluruhan, ada 18 cabang olahraga yang dipertandingkan dengan 588 nomor.

Turut hadir dalam pembukaan APG 2018 antara lain Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPR Bambang Soesatyo, Ketua DPD Oesman Sapta, Presiden Asian Paralympic Committee Majid Rashed, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.