Menko Puan Ajak Peserta Annual Meeting IMF-WBG 2018 Kunjungi Paviliun Indonesia

14 Oktober 2018  |  11:36 WIB
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengunjungi Paviliun Indonesia di sela-sela Annual Meeting IMF-WBG 2018 di Nusa Dua, Bali, Kamis (11/10)./Dok. Kemenko PMK

Bisnis.com, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengajak para peserta Annual Meeting IMF-World Bank Group (WBG) 2018 untuk berkunjung ke Paviliun Indonesia.

Paviliun Indonesia merupakan pameran yang menampilkan keberhasilan pembangunan infrastruktur di Indonesia serta pengembangan industri strategis nasional.

"Paviliun Indonesia mencerminkan wajah Indonesia, orang yang hadir di sini kan dari luar Indonesia, bisa melihat apa saja potensi Indonesia. Bukan hanya keindahan alam, tapi juga bagaimana perkembangan infrastruktur dan juga produk-produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Indonesia seperti kopi, batik, dan lain-lain," ujar Puan dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Minggu (14/10/2018).

Paviliun Indonesia menampilkan 150 UKM dari 64 kabupaten/kota di Indonesia. 

Menko PMK menghadiri Annual Meeting IMF-WBG 2018 untuk mendampingi Presiden Joko Widodo. Dalam pidato pembukaannya, Jumat (12/10), Jokowi mengajak para pemimpin negara untuk meningkatkan komitmen kerja sama global di bidang perekonomian. 

Dalam pidato yang mengutip dialog dalam serial televisi Game of Thrones (GoT), Presiden mengritisi aliansi negara maju yang saling berlomba untuk memegang kendali dunia.

Padahal, kondisi ini dapat menimbulkan berbagai faktor yang berpengaruh terhadap ketidakpastian global. Di antaranya koordinasi antarnegara yang bermasalah, harga minyak mentah yang tak terkendali, kekacauan di pasar global, serta melemahnya mata uang di negara-negara berkembang.