Asian Para Games 2018 Teguhkan Kesuksesan Indonesia di Pentas Dunia

14 Oktober 2018  |  12:34 WIB
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani ketika ditemui usai upacara penutupan Asian Para Games 2018 di Jakarta, Sabtu (13/10)./Dok. Kemenko PMK

Bisnis.com, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan Indonesia berhasil menyelenggarakan Asian Para Games 2018.

Menko PMK mengungkapkan kesuksesan ini didukung oleh semua pihak dan para atlet yang menampilkan performa terbaik mereka.

"Atas nama pemerintah dan pribadi, saya mengucapkan terima kasih bagi atlet-atlet yang telah bertanding untuk prestasi terbaiknya dalam Asian Para Games 2018 Indonesia. Mereka adalah para manusia hebat yang semangat dan daya juangnya menjadi inspirasi bagi kita semua," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Minggu (14/10/2018).

Secara keseluruhan, Indonesia berhasil berada di posisi kelima dengan meraih 37 medali emas, 47 medali perak, dan 51 medali perunggu. Capaian ini melampaui target awal yang sebelumnya menetapkan posisi kedelapan dan 16 medali emas.

Para atlet dinilai telah menunjukkan inspirasi tentang solidaritas sosial dan semangat pantang menyerah, sesuai dengan tema Asian Para Games 2018 yakni "The Inspiring Spirit and Energy of Asia".

"Asian Para Games 2018 Indonesia merupakan komitmen pemerintah dalam melaksanakan pembangunan sosial dan memberikan kesempatan yang sama bagi semua untuk meraih kemajuan," lanjut Puan, yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pengarah Panitia Nasional Indonesia 2018 Asian Para Games.

Dia juga memberikan apresiasi kepada Indonesia Asian Para Games 2018 Organizing Committee (Inapgoc), relawan, masyarakat, media, dan semua pihak yang menyukseskan penyelenggaraan ajang olahraga terbesar kedua di dunia bagi penyandang disabilitas itu. Seluruhnya disebut berkontribusi membuat Indonesia menjadi tuan rumah yang baik.