Asian Para Games 2018 Buktikan Indonesia Sukses Jadi Tuan Rumah yang Baik

14 Oktober 2018  |  13:45 WIB
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani ketika ditemui usai upacara penutupan Asian Para Games 2018 di Jakarta, Sabtu (13/10)./Dok. Kemenko PMK

Bisnis.com, JAKARTA -- Keberhasilan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 diklaim membuktikan bahwa Indonesia mampu menjadi tuan rumah yang baik, masyarakat yang ramah, dan negara yang maju. 

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan ajang olahraga multievent ini menunjukkan bahwa para atlet disabilitas mampu menjadi inspirasi hebat tentang jiwa solidaritas sosial dan semangat pantang menyerah dalam meraih kemajuan.

"Asian Para Games 2018 Indonesia juga merupakan ajang insan olahraga disabilitas terbesar Asia, yang mempersatukan etnis, budaya, dan bahasa dalam semangat memuliakan kemanusiaan, solidaritas sosial, dan meraih prestasi yang melampui batas," paparnya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Minggu (14/10/2018).

Menko PMK, yang juga Ketua Dewan Pengarah Panitia Nasional Asian Para Games Indonesia 2018, turut menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat yang mampu menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia adalah negara dan bangsa yang bermartabat, maju, dan berprestasi.

Jumlah pengunjung yang mencapai 500.000 orang selama sepekan diselenggarakan dinilai menunjukkan antusiasme masyarakat.

“Situasinya memang berbeda karena jumlah cabang olahraga dan atlet yang bertanding juga tidak sebanyak Asian Games 2018. Namun, yang terpenting adalah misi kemanusiaan yang didengungkan. Kita menghargai dan mendukung penyandang disabilitas sebagaimana orang kebanyakan,” lanjutnya.

Terkait keikutsertaan para atlet disabilitas Indonesia di Paralympic 2020 di Jepang, dia mengharapkan para atlet bisa mempersiapkan diri dengan baik. 

Pemerintah pun sudah mempersiapkan mekanisme perekrutan bagi para atlet berprestasi yang akan diangkat menjadi PNS.

Puan turut mendampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam upacara penutupan Asian Para Games 2018 di Jakarta, Sabtu (13/10). Dalam kesempatan itu, JK memberikan apresiasi kepada semua pihak.

“Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak yang sejak awal mempersiapkan hingga akhirnya sukses menyelenggarakan Asian Para Games 2018 ini,” paparnya.