PKN Revolusi Mental: Tak Hanya Sukses Jadi Tuan Rumah, Sulut Juga Berhasil Tingkatkan Pelayanan Publik

26 Oktober 2018  |  19:25 WIB
Menko PMK Puan Maharani: Sulut berhasil tingkatkan pelayanan publik/Humas Kemenko PMK

Bisnis.com, MANADO-- Kementerian Koodinator Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mengapresiasi Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara yang dianggap berhasil menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pekan Kerja Nyata (PKN) Revolusi Mental, sekaligus menjalakan gerakan revolusi mental khususnya di bidang pelayanan publik.

Menko PMK Puan Maharani menjelaskan pihaknya memiliki kriteria tersendiri ketika menetapkan Sulut menjadi tuan rumah, di antaranya kesiapan dari segi fasilitas dan juga kesuksesan penerapan gerakan revolusi mental.

"PKN Revolusi Mental menjadi acara kebanggaan kami dari tahun ke tahun. Peserta yang hadir makin banyak dan membeludak. Artinya memang secara perlahan namun pasti gerakan revolusi mental sudah mulai dilakukan di setiap hati masyarakat," ujarnya saat pembukaan PKN Revolusi Mental, Jumat (26/10).

Lebih lanjut, Menko Puan menilai gerakan revolusi mental di Sulut telah cukup baik. Hal itu terbukti dari mulai dilakukannya mal pelayanan publik. Bahkan, Kota Tomohon menjadi salah satu kota yang menerima penghargaan dari Kemenko PMK.

Menko PMK Puan Maharani berbincang dengan Gubernur Sulut Olly Dondokambey saat memasuki arena acara/Bisnis-Deandra Syarizka

Selain itu, pihaknya juga mengapresiasi upaya Pemprov Sulut yang mempromosikan pariwisata sebagai salah satu motor penggerak ekonomi daerah. Menurutnya, hal tersebut juga merupakan salah satu praktik revolusi mental.

"Mempromosikan daerah merupakan revolusi mental, terbukti kunjungan turis ke Sulut meningkat sangat tajam," jelasnya.

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengaku bersyukur atas kepercayaan yang diberikan kepada Sulut untuk menjadi tuan rumah penyelenggara PKN revolusi Mental. Pihaknya berharap dapat menjawab kepercayaan tersebut dengan kesuksesan acara dari awal hingga akhir pelaksanaan.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey saat membesikan sambutan/Bisnis-Deandra Syarizka

"Atas nama Pemprov Sulut, selamat datang, selamat baku dapa di Bumi Nyiur Melambai untuk seluruh tamu undangan dari pelosok Nusantara," jelasnya.

Lebih lanjut, pihaknya pun meminta maaf kepada sebagian tamu undangan yang terpaksa menginap di Balai Pendidikan, mengingat penuhnya okupansi hotel di Manado selama penyelenggaraan acara PKN Revolusi Mental.

Gubernur Olly memaparkan, Provinsi Sulut merupakan provinsi kepulauan yang memiliki total 286 pulau, terdiri dari 59 pulau berpenghuni dan sisanya merupakan pulau yang belum berpenghuni. Di antara pulau berpenghuni tersebut, sebanyak 12 pulau di antaranya merupakan pulau terluar di batas utara NKRI yang berbatasan langsung dengan Filipina.

"Kalau boleh Ibu Menko perlu mengusulkan pulau yang belum ada nama, biar menjadi kenangan bagi Provinsi Sulut," jelasnya.

Seperti diketahui, rangkaian acara Pekan Kerja Nyata (PKN) Revolusi Mental berlangsung sejak 26-28 Oktober 2018 di Manado, terdiri dari pameran inovasi pelayanan publik, rembuk nasional, pemutaran dan diskusi film bertema revolusi mental, dan masih banyak lainnya. Acara ini digelar untuk menyebarluaskan capaian GNRM kepada masyarakat luas.