Menko PMK Resmi Buka Pameran Seni Koleksi Istana

03 Agustus 2018  |  16:27 WIB

Jakarta (03/8) -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani secara resmi membuka Pameran Seni Koleksi Istana Presiden 2018. Acara diselenggarakan di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta dan dihadiri Mensesneg Pratikno, Mendikbud Muhadjir Effendy, Menkominfo Rudiantara, Kepala Bekraf Triawan Munaf, Direktur Bank Mandiri dan para Duta Besar Negara Sahabat, serta para seniman dan kurator.

Pameran Seni Koleksi Istana Presiden 2018 ini merupakan tahun yang ketiga diselenggarakan. Khusus tahun ini, tema pameran disesuaikan dengan even Asian Games 2018 yang diselenggarakan di Jakarta-Palembang. Pameran akan berlangsung dari tanggal 3 - 31 Agustus 2018 dengan menampilkan 45 koleksi karya lukisan, patung dan seni karya hasil dari 34 seniman Indonesia dan mancanegara.

Tiga mahakarya seniman juga ikut dipamerkan, antara lain
- Lukisan 'Berburu Banten' karya Raden Saleh
- Lukisan 'Memanah' karya Henk Ngantung
- Lukisan 'Perkelahian dengan Singa' karya Raden Saleh

“Karena pameran ini dalam suasana dan dalam rangka memeriahkan Asian Games 2018, tema yang diangkat adalah 'Indonesia Semangat Dunia", kata Menko PMK mengawali sambutannya.

Menurut Menko PMK, galeri merupakan tempat penyimpanan dan pamer karya seni dan budaya yang memiliki peran penting dalam membangun masyarakat yang sadar dan mencintai karya seni dan budaya sebagai identitas bangsa.

“Diharapkan Galeri Nasional Indonesia dapat menjadi rumah bagi pegiat dan pecinta seni untuk berkreasi yang dapat menumbuhkan minat masyarakat dalam seni dan budaya, menginspirasi dan mengapresiasi karya seni baik untuk tujuan pendidikan dan rekreasi,” harap Menko PMK.

Menurut Menko PMK, penyelenggaraan pameran ini merupakan wujud nyata apresiasi pemerintah atas karya seni dan budaya yang diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi dan kreatifitas anak bangsa dalam merawat dan melestarikan budaya bangsa.

“Oleh karena itu, saya berharap agar kita semua yang hadir dapat mengambil manfaat dari pelaksanaan pameran ini, dan sekaligus kita mengambil bagian dalam mensukseskan terselenggaranya pelaksanaan Asian Games 2028,” kata Menko PMK.

  Artikel Terkait